bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Cara Merangkai Instalasi Sistem NFT pada Hidroponik

NFT (Nutrient Film Technique) merupakan metode budidaya dengan akar tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi, dan oksigen. Dengan sistem NFT nutrisi yang dialirkan ke tanaman sangat tipis dan secara terus menerus dengan menggunakan pompa aquarium. 
Peralataan yang kita butuhkan untuk sistem hidroponik NFT adalah :
Bahan untuk tempat tanam
  • 4 batang pipa PVC ukuran 2" (inchi),
  • 12 buah T ukuran 2" (inchi),
  • 15 buah L bow ukuran 2" (inchi),
Bahan untuk Rak
  • 6 Batang pipa PVC ukuran 1" (inchi) untuk rak,
  • 24 buah T ukuran 1" (inchi)
Bahan lainnya
  • Pompa Aquarium
  • Bak penampung nutrisi

Langkah -langkahnya
Pasangkan L bow dan T pada pipa PVC yang telah sudak kita lubangi kemudian rekatkan dengan lem pipa. Lihat gambarnya dibawah...


Dan hasilnya seperti ini..


Untuk membuat RAK 

– Untuk Bagian Dasar : Siapkan Pipa PVC 1 inci sepanjan 90 cm sebanyak 2 buah dan panjang 65 cm sebanyak 2 buah. Kemudian rangkai dengan knee T dan L .
– Untuk Bagian Tiang Rak : Siapkan pipa PVC 1 inci sepanjang 120 cm sebanyak 2 buah dan panjang 95 cm sebanyak 1 buah. Rangkai dengan knee L kemudian rangkaian ini pasang dengan rangkaian bagian dasar.
– Untuk Bagian Penyangga Talang Air : Siapkan pipa PVC 1 inci sepanjang 16 cm, 20 cm, dan 24 cm, masing-masing sebanyak 4 buah.
– Pipa ini dirangkai dengan bantuan knee T ke bagian Tiang Rak.
– Urutan dari atas ke bawah mulai dari pipa pendek bagian depan dan belakang, lalu dilanjutkan dengan pipa yang lebih panjang bagian bawah nya. Jarak bagian atas dan bawah 15 cm.

Hasilnya seperti ini :



Selamat mencoba ^_^