bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Cara Membuat Perangkap Lalat Buah dari Limbah Botol Plastik

Sahabat Hidroponia, mau tau cara mudah untuk menangkap lalat buah yang sering menggangu tanaman buah kita. Yukk simak pembahasannya.. ^_^



Bagi Anda para pecinta tanaman pasti akan merasa dirugikan ketika tanaman yang ditanam berbuah dan kemudian di ganggu oleh lalat buah. Wajar Anda akan merasa rugi karena buah yang terkontaminasi dengan lalat buah hasilnya tidak akan masksimal bahkan bisa membusuk. Oleh kerena itu, solusi tepat yang kita gunakan adalah dengan melakukan pembungkusan satu persatu buah tersebut. Selain dengan pembungkusan buah, salah satu cara yang sangat efektif adalah membuat perangkap sederhana dari pemanfaatan barang bekas, seperti botol bekas air mineral.

Untuk membuat sebuah perangkap lalat buah dari botol bekas air mineral. Sangatlah mudah dan tentunya tidak menguras kantong Anda.
Prinsip kerja dari alat Perangkap Lalat buah adalah dengan mengundang lalat jantan dengan madu/ atraktan yang memiliki bau khas agar masuk ke dalam perangkap sehingga mengurangi jumlah peredaran lalat sekaligus meminimalkan terjadinya perkawinan dengan lalat betina.


Adapun Alat dan Bahan yang mesti kita siapkan, sebagai berikut:

ALAT DAN BAHAN
  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Botol bekas air mineral ukuran 1500 ml
  • Lakban/ Isolasi
  • Kawat ikat
  • Gunting / Cutter
  • Kapas
  • Cairan atraktan/ madu
PROSES PEMBUATANNYA

Langkah 1
Potong badan botol di bawah leher setelah bagian lengkungan, gunakan cutter atau gunting. Lepaskan tutup botol. Potongan ini akan dipasang kembali pada badan botol namun dengan posisi terbalik sebagai lubang masuk lalat sekaligus perangkap. Sebelum dipasang, pasang tali kawat pengikat di tengah botol jika hingga perangkap nanti mudah digantungkan. Pada ujung yang nantinya terletak di dalam botol buat kaitan untuk tempat kapas.

Langkah 2
Setelah itu, teteskan larutan atraktan lalat buah atau madu pada kapas hingga basah. Setelah kawat pengikat terpasang, terakhir adalah pemasangan mulut botol secara terbalik, kuatkan dengan lakban beberapa kali putaran.

Perangkap lalat buah siap dipasang. Larutan atraktan dapat bertahan sekitar 4 minggu, hingga pengisian ulang pada kapas dapat dilakukan kembali jika diperlukan setelah massa tersebut.




Silahkan dicoba dirumah yaa Sahabat Hidroponia ^_^